Anisa's Blog

*we also need science to survive*

ILMU EKONOMI

Ekonomi merupakan salah satu ilmu sosial yang mempelajari aktivitas manusia yang berhubungan dengan produksi, distribusi, pertukaran, dan konsumsi barang dan jasa. Istilah "ekonomi" sendiri berasal dari kata Yunani οἶκος (oikos) yang berarti "keluarga, rumah tangga" dan νόμος (nomos), atau "peraturan, aturan, hukum," dan secara garis besar diartikan sebagai "aturan rumah tangga" atau "manajemen rumah tangga."

Manusia sebagai makhluk sosial dan makhluk ekonomi pada dasarnya selalu menghadapi masalah ekonomi. Inti dari masalah ekonomi yang dihadapi manusia adalah kenyataan bahwa kebutuhan manusia jumlahnya tidak terbatas, sedangkan alat pemuas kebutuhan manusia jumlahnya terbatas. Beberapa faktor yang mempengaruhi sehingga jumlah kebutuhan seseorang berbeda dengan jumlah kebutuhan orang lain:

* Faktor Ekonomi
* Faktor Lingkungan Sosial Budaya
* Faktor Fisik
* Faktor Pendidikan



DEFINISI ILMU EKONOMI

- Ilmu ekonomi sangat penting bagi manusia untuk mengelola sumber daya yang sifatnya terbatas agar dapat digunakan secara efisien.

- Dikelompokkan dalam :
1. Ekonomi Mikro (teori harga), dimana menitikberatkan pada perilaku ekonomi individu rumah tangga, perusahaan dan pasar, dalam mengelola sumber daya ekonomi secara efisien.

2. Ekonomi makri, dimana menitikberatkan pembahasan tentang perekonomian secara keseluruhan , pengangguran, inflasi, pertumbuhan ekonomi dan perdagangan internasional.



Kegiatan Ekonomi


ada 3 macam kegiatan pokok ekonomi(Boediono, 1982) :

1. Konsumsi
2. Produksi
3. Pertukaran


SumberDaya Ekonomi :

Sumberdaya adalah faktor faktor yang digunakan dalam proses produksi untuk menghasilkan barang atau jasa yang diinginkan, terdiri dari :

1. Sumber daya Alam
contoh : tanah, cadangan mineral

2. Sumber daya Manusia
contph : tenaga kerja dan enterpreneruship

3. Sumberdaya Modal
contoh : peralatan fisik, mesin , bangunan, komputer


Hasil Kegiatan Produksi

Unit Usaha (Perusahaan) menghasilkan barang dan Jasa.

Sistem Ekonomi dianut suatu negara akan menentukan mekanisme ekonomi tersebut dalam menjawab pertanyaan " WHAT, HOW dan WHOM "



3 macam sistem ekonomi :

" Sistem Ekonomi pasar, Sistem Ekonomi Sentralistik dan Sistem Ekonomi campuran "

0 komentar:

Post a Comment


News Studentsite

Followers

About Me

My photo
Everyone is a unique person .